Butet Kertarajasa

20:00
Art Summit V 2007

International Festival on Contemporary Performing Arts

Butet Kertarajasa (Indonesia)
13-14 November 2007

Graha Bhakti Budaya
Taman Ismail Marzuki
Jl. Cikini Raya 73, Jakarta 10330
T 337-325, 334-740, 315-4087
F 334-720
www.tamanismailmarzuki.com


Butet Kertarajasa
Butet Kertaradjasa lahir di Yogyakarta, 21 November 1961. Ia adalah seorang aktor teater kawakan yang mengaku dibesarkan oleh pangung teater dan kerap menampilkan pentas monolog, yaitu sebuah penampilan tunggal diatas pangung dengan membawakan beberapa karakter seorang diri.

Butet sendiri adalah anak dari Bagong Kussudiardja (Alm), seorang koreografer dan pelukis Yogyakarta. Dan juga kakak dari seniman Djaduk Ferianto, yang mengeluti musik etnik.

Kepiawaian dan 'keberaniannya' menirukan suara mantan Presiden Sueharto dalam pementasan teternya, membuat Butet menjadi icon perlawanan lewat pangung seni. Pementasan-pementasan yang dibawakannya pun banyak bersentuhan dengan kritik dan kekuasaan. Di antaranya, Racun Tembakau, Lidah Pingsan, Benggol Maling, Raja Rimba Jadi Pawang, Iblis Nganggur, Mayat Terhormat, Guru Ngambeg, Republik Togog dan tebaru, Matinya Tukang Kritik.

Kini, selain masih tetap eksis di pangung teater, Butet tampil rutin memerankan karakter (raja) SBY (Si Butet Yogja) dalam Republik Mimpi di Metro TV. SBY yang diperankannya adalah pameo dari presiden RI, SBY. [from www.kapanlagi.com]

0 comments:

Your Ad Here