Batu Ampar

Independent Art Festival
1 Agustus 2007 | 20:00

Gedung Kesenian Jakarta
Jalan Gedung Kesenian No.1, Jakarta 10710.
T 380 8283, 344 1892
F 381 0924
gkj@pacific.net.id
www.gedungkesenianjakarta.com

Batu Ampar - Komedi Betawi
Kawasan Condet atau yang disebut juga sebagai Condet Batuampar merupakan bagian dari kelurahan Batuampar, kecamatan Kramatjati, Kodya Jakarta Timur.
Legenda dibalik nama kawasan tersebut bermula dari sepasang suami istri yang bernama Pangeran Geger dan Nyai Polong. Salah seorang anaknya bernama Siti Maemunah yang terkenal cantik. Saat Maemunah sudah dewasa, ia dilamar oleh Pangeran Astawana anak dari Pangeran Tenggara atau Tonggara asal dari Makasar yang tinggal di sebelah timur Condet.

Kedua orang tua Siti Maemunah menyetujui lamaran tersebut dengan syarat dibangunkan sebuah rumah dan tempat bersenang-senang di atas empang dekat kali Ciliwung yang harus selesai dalam waktu satu malam. Permintaan tersebut disanggupi dan terbukti keesokan harinya sudah tersedia rumah dan sebuah bale di empang pinggir kali Ciliwung dengan jalan diampari batu, mulai dari tempat kediaman keluarga Pangeran Tenggara. Demikian menurut cerita tempat yang dilalui jalan yang diampari batu itu disebut Batu Ampar.

Sutradara Syaiful Amri Tatamusik Andi Suhandi Tatapanggung Djudjun Cs Pemain H. Bolot, H. Bodong, Hj. Nori, Edi Oglek, Rini SBB, Kubil, Rita Hamzah, Rudi Sipit, Jaya, Malih dan lain-lain Bintangtamu Artis-artis Ibukota

Kerjasama Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta

0 comments:

Your Ad Here