libre journal de jakarta



Pameran foto
« Libre Journal de Jakarta » karya Gérard Rondeau
Kurator : Yudhi Soerjoatmodjo

Pembukaan : Kamis, 10 Mei 2007 | 19.00
dihadiri oleh fotografer: Gérard Rondeau
Pameran : 10 s/d 25 Mei 2007
Diskusi : 12 Mei 2007

Galeri Nasional Indonesia Jl. Medan Merdeka Timur No. 14A Jakarta Pusat

Gérard Rondeau [1953] lahir di Chalon-sur-Marne, Prancis dan hidup di Champagne. Ia banyak menjelajahi « Eropa lain » mulai dari Balkan hingga Baltik, juga tertarik pada Maroko, Benin, Amerika Serikat, Argentina, Indonesia ...

Gérard Rondeau, fotografer potret terkemuka, mempersembahkan sudut padang tentang profilprofil yang meramaikan dan memperbarui dunia budaya Indonesia. Pada setiap pertemuan, sang fotografer meminta modelnya untuk berbagi « ruang pribadinya » sekaligus menunjukkan sisi kota Jakarta yang tidak biasa.

« Konsep Rondeau mengenai potret mirip dengan konsep Manet dan Cézanne. Wajah dalam karya Manet dan Cézanne bukanlah cerminan dari suatu perasaan atau status sosial. Namun wajah-wajah tersebut menimbulkan berbagai ide yang berlawanan dan berubah-ubah seperti setiap pribadi. (…) Sama seperti potret Rondeau, yang bertindak dalam jeda waktu dua sisi tertentu dan memunculkan rasa akrab dan tanda tanya » Philippe Dagen, penulis, sejarahwan dan kritikus seni - Cuplikan dari « Chroniques d’un portraitiste »

Gérard Rondeau meraih Globes de Cristal dengan kategori seniman terbaik 2007. Penghargaan ini dipersembahkan oleh insan pers bagi mereka yang bergerak di bidang seni budaya.

Acara terselenggara berkat dukungan dari TAUZIA HARRIS bekerjasama dengan : Galeri Nasional Indonesia / SOPEXA Indonesia / InTime / Indosat / Christian Tortu

0 comments:

Your Ad Here