les créatures



Balet « Les Créatures » CCN / Ballet Biarritz

31 Mei 2007 |.20.000 - di Graha Bhakti Budaya - TIM
Jl. Cikini Raya No.73 Jakarta Pusat HTM : Rp. 50.000 /Rp. 75.000 / Rp.100.000

Malam berganti hari, hari berganti malam, lahirlah penari pertama di muka bumi. Lalu muncul seorang wanita sebagai pasangannya. Maka tercetuslah keinginan menciptakan formasi tari dan mengajak makhluk lain bergabung dengan mereka. Waktu pun berlalu dan terbentuklah tari barok, romantis dan klasik. Hingga suatu saat hasrat membuat koregrafi yang lebih bebas datang menghampiri. Kupu-kupu, api atau badai, Loïe Fuller menarik perhatian mereka. Seniman dari berbagai negara seperti Isadora Duncan atau Doris Humphrey turut mengilhami tarian mereka. Dan mereka akhirnya terkesima dan tergoda. Adam dan Hawa meninggalkan Surga mengikuti cakrawala baru yang terbentang di hadapan dunia Seni Tari. Dalam perjalanan, mereka menyadari bahwa mereka akan terus berkembang dengan susah payah dan menciptakan gerakan tari baru dalam suka dan duka.
Les Créatures, adalah kreasi terbaru dari koreografer Thierry Malandain yang telah meraih sukses luar biasa. Sebagai pencipta, ia mampu menyampaikan segala emosi dalam gerakan serta menguasai ruang dan waktu. Ia pun berselancar antara masa lalu, masa kini dan bahkan masa depan. Les Créatures menampilkan sekuen yang berubah dari suasana kegelapan hingga cahaya pembawa harapan, dari suatu gerakan tegas dan terlatih hingga mencapai suatu kemenangan atas pembebasan jiwa dan raga.
Pusat Koreografi Nasional - Ballet Biarritz / Thierry Malandain
Sejak didirikan pada tahun 1998, CCN / Ballet Biarritz dipimpin oleh koreografer Thierry Malandain. Setelah berguru pada Monique Le Dily, René Bon, Daniel Franck, Gilbert Mayer dan Raymond Franchetti, Thierry Malandain masuk Opera Paris, Ballet du Rhin lalu Ballet Teater Prancis di Nancy dan melanjutkan karirnya sebagai penari sebelum akhirnya berkonsentrasi dalam bidang koreografi. Sebagai pencipta dari sekitar 60an koreografi dan pemenang dari berbagai penghargaan terkenal, ia juga berkecimpung dalam bidang teater lirik dan berkolaborasi dengan Robert Fortune, Peter Busse, Alberto Fassini, Jean-Louis Pichon atau Frédéric Pineau. CCN / Ballet Biarritz yang berlokasi di Gare du Midi (stasiun kereta api tua) terdiri dari 16 penari tetap dan menawarkan ruang kreasi kepada kelompok lain. Berkat letak geografis yang ideal, CCN / Ballet Biarritz dapat turut berperan dalam pengembangan bidang koreografi tanpa batas yang didukung oleh Uni Eropa.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari Delegasi Uni Eropa bekerjasama dengan CULTURESFRANCE / TIM / Hotel Le Meridien / SOPEXA Indonesia / Aqua-Danone / LeGrand / MedcoEnergi / Michelin / BigBird / InTime / Christian Tortu / Lara Djonggrang

0 comments:

Your Ad Here